Senin, 17 Maret 2008

HEART CHECK UP

“Sebab seperti orang yang membuat perhitungan di dalam dirinya; demikianlah dia -Amsal 23:7-“
“As he thinks in his heart; so is he –proverbs 23:7” (KJV)

Ayat yang bagus banget. Mm, kalo diterjemahin ke kata-kata yang lebih sederhana seperti ini : Keberadaan kita sekarang adalah hasil dari pikiran (think) dan hati (heart) kita.
Kalo God mau mengubah keberadaan kita, kita harus mengubah pikiran kita dolo… kalo enggak, ga akan berubah. Contohnya, kalo kita miskin dan minta God bikin kita jadi kaya. Dan Tuhan kabulkan itu. Kita jadi kaya nih. Tapi pola pikir kita gak berubah, yang ada cuman orang kaya yg pikirannya picik dan hatinya sempit. Tinggal tunggu waktu, (tik! Jentikin jari), kita kembali lg jadi orang miskin kembali.
Ato contoh laen : imagine kalo seorang kaya yg tinggal di Menteng swap house dengan orang di kolong jembatan. Orang yg di kolong jembatan didandanin sperti orang kaya, tempatin dia di rumah orang menteng itu, kasih kredit card, potong rambutnya, ajari dia berpenampilan orang kaya… gak ada yang tau kalo dia dr kolong jembatan. Selama dia ngomong, orang ga bakal tau dia spt apa. Nah… Tapi begitu dia ngomong… saat itu jg ketauan kalo dia tuh org dr kolong jembatan! Karena apaa? Karena apa yg ada di pikiran dan hatinya yg menentukan kondisi hatinyah… tinggal tunggu waktu rumah yang ditinggali di Menteng berubah jadi kolong jembatan. tapi liat sama orang Menteng yang tinggal di kolong jembatan, karena pola pikir dan sikap hatinya bukan kolong jembatan, tinggal tunggu waktu kolong jembatan berubah jadi mall.

So, pola pikir dan sikap hati kita menentukan bagaimana kita hidup, bagaimana kita menata keuangan, bagaimana kita memberi untuk GOD, dan semuanya!!
Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus. Filipi 4:7

Tuh, ayat di atas tuh bilang, Allah lah yg bisa mengontrol hati dan pikiran kita…
Pernah gak waktu kita lagi sebel udah gitu nonton film komedi, malah jadi makin sebel soalnya tuh film serasa ngetawain kita gitu? Ato orang laen lagi bisik2, kita nyangka mereka ngomongin kita. Haiihhh.. itu tuh, sebenernya yang salah bukan kondisi lingkungan. Tapi kondisi hati kita.
Kalo kita keluar rumah udah gitu ada burung nemplok terus buang eek ke atas kepala, itu namanya sial. Tapi kalo akirnya loe biarin terus sampe burung itu bikin sarang di kepala loe, itu namanya goblok! Kalo hari itu ngerasa kita sial, yaudah. Pulang dan mandilah!
Nah, Tuhan gak bisa ubah hati kita kalo kita tidak menjaga hati kita.

Tapi pertama, kita harus check up dolo hati kita.

- Pastikan hati kita ‘good soil’. Menjadi tanah yg baik untuk ditaburi FirTu. (matius 13:1-9)
Bisa dipastikan kalo benih yg ditabur tuh benih yg sama kualitasnya. Tapi Cuma benih yg jatuh di tanah yg subur yg bisa tumbuh dgn baik. Hati kita adalah jenis tanah itu. Tapi responnya beda2. Tanah yang keras gak bisa ditaburin apa2. Kalo hati keras, apapun yg diberikan,–gak bakal mengubah apapun! Oleh sebab itu GOD lebih perhatikan hati kita daripada isi dompet kita. Dan tunggu Allah ubahkan yg lain setelah hati kita berubah.

- Biarkan gesekan muncul. Selama kita hidup di dunia, kita pasti ada gesekan dgn sesama. Ayo! Semangat!! Jangan keraskan hati. Tapi bangkit lagi! And never say ‘never’ again. Karena biasanya kalo kita udah kesel. Suka ngomong, “I will never …. Again!”

- Pastikan jadi orang yang cerdik seperti ular dan tulus seperti merpati (matius 10:16). Secara umum, dunia bilang kalo hari gini kita tulus, kita bodoh! Jujur dan tulus itu bagian yg harus dimiliki orang Kristen. Jangan takut dibohongi orang. Karena Firman Tuhan itu ya dan amin, guys. Firman Tuhan yang menjagai kita… sepertinya kita gampang dilukai dan rapuh krn kita membela kebenaran, tapi gausah takut untuk memegang Firman Tuhan.( BY : Pastor Jose Carol )

Tidak ada komentar: